ASURANSI SYARIAH

Asuransi syariah sesuai namanya adalah asuransi yang berdasarkan prinsip-prinsip syariah dengan prinsip utama yaitu tolong-menolong (ta’awuni) dan saling melindungi (takafuli) diantara para peserta melalui pembentukan kumpulan dana (Dana Tabarru’) yang dikelola sesuai prinsip syariah



img

Keunggulan Asuransi Syariah

img

Pengelolaan dana yang transparan dengan perjanjian di awal yang jelas dan transparan serta aqad yang sesuai syariah dan akan dikelola secara profesional melalui investasi syar’i dengan berlandaskan prinsip syariah.

img

Asuransi Syariah menghindarkan dari fungsi asuransi konvensional yang mengandung Riba (Bunga) Maisir (Judi) dan Gharar (Ketidakjelasan). Dana Tabarru’ akan dipergunakan untuk menghadapi dan mengantisipasi terjadinya musibah/bencana/klaim yang terjadi diantara peserta asuransi.

img

Asuransi syariah menggunakan konsep wadiah (titipan), dimana dana akan dikembalikan dari rekening peserta yang telah dipisahkan dari rekening tabarru. Sehingga tidak ada yang dikenal istilah “dana hangus” karena apabila tidak ada klaim asuransi hingga masa jatuh tempo perjanjian maka dana akan dikembalikan kepada peserta.